Total Tayangan Halaman

Google Ad

di Hawker Center

Wisata Kuliner di Hawker Center, Singapura

submitted by sintamilia on 22 July 2010 @ 04:52 pm
Hawker Center merupakan pusat jajanan dengan dengan banyak kios yang menjual makanan murah. Hawker center banyak ditemukan di dekat perumahan, terminal, atau stasiun kereta.
Hawker center mulai banyak bermunculan sejak arus urbanisasi yang meningkat pesat pada tahun 50an. Awalnya, pusat jajanan ini dibangun sebagai solusi banyaknya pedagang kaki lima yang menyediakan makanan kurang bersih dan higienis. Pemerintah Singapura lalu membuat standar kebersihan yang harus ditaati setiap penjual sehingga sekarang hawker center tidak jorok seperti dulu. Anda tidak akan menemukan lalat lagi di sini. Bahkan sampai ada ahli kuliner Singapura yang pernah bilang “There are no flies here. Don’t worry, the flies are afraid to the law
Kini, popularitas hawker center agak menurun karena tergantikan oleh food court.  Apa bedanya hawker center dengan food court? Keduanya sama-sama lokasi yang menyediakan berbagai macam variasi makanan karena banyaknya stalls. Namun, food court kebanyakan indoor, ber-AC, dan berlokasi di mall dan area komersial lain. Sementara hawker center ada yang outdoor dan makanannya lebih beragam dibanding food court.
Sejak akhir tahun ‘90an, hawker center diubah namanya menjadi food center. Chinatown Food Street dan Makansutra Gluttons Bay adalah dua dari beberapa food center yang wajib Anda kunjungi.
Chinatown Food Street

Lokasinya tepat berada di jantung Chinatown, di sepanjang jalan Smith Street. Kios-kios makanan berada di kedua sisi jalan, dengan kursi dan meja berada di jalanan. Tak perlu khawatir karena jalan ini memang tertutup bagi kendaraan. Mungkin karena itulah, tempat ini disebut food street.
Makansutra Gluttons Bay

Food center ini berada di dalam kompleks Esplanade-Theatre on The Bay, Marina Bay. Tempat ini terinspirasi dari buku Makansutra karya KF Seetoh yang berisi tempat makan paling enak di Singapura. Food center ini mengumpulkan semua pedagang yang direkomendasikan dalam buku tersebut. Tak heran karena tempat ini memang berkonsep “tempat berkumpul seluruh hawker ngetop di Singapura”
Selain kedua tempat di atas, Anda juga bisa mengunjungi hawker center lain, misalnya Lau Pa Sat Festival Market, Maxwell Food Center,  Newton Food Street, dan lain sebagainya.

Google Ad